Gejala Darah Tinggi Yang Perlu Kita Cermati

Gejala Darah Tinggi Yang Perlu Dicermati

Gejala Darah Tinggi Sangat Perlu Untuk Diketahui

Gejala darah tinggi merupakan hal yang sangat perlu untuk kita ketahui. Tekanan darah tinggi merupakan sebuah keadaan kronis dimana tekanan darah di dalam dinding arteri mengalami peningkatan yang sangat drastis.

Ada satu cara bagaimana agar Anda bisa mengetahui apakah anda memiliki tekanan darah tinggi atau tidak. Yakni dengan cara mengukur tekanan darah anda menggunakan tensimeter atau sfigmomanometer.

Pengukuran terhadap tekanan darah ini minimal harus dilakukan setidaknya lima tahun sekali. Semakin sering semakin bagus. Terutama saat Anda menduga bahwa ada gangguan kesehatan yang berkaitan dengan hipertensi.

Gejala Darah Tinggi dan Cara Mengetahui Ukuran Tekanan Darah Normal Manusia

Menurut para ahli bidang kesehatan memberikan sebuah ukuran apakah tekanan darah seseorang sedang meningkat dan berdampak buruk bagi kesehatannya. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih.

Kondisi ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh, hingga bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, stroke, dan gagal jantung. Penyakit-penyakit tersebut tentu merupakan jenis penyakit yang sangat berat untuk disembuhkan.

Menurut perkumpulan dokter jantung di Amerika Serikat, AHA, pada tahun 2017, tekanan darah dikelompokkan sebagai berikut:

A. Tekanan Darah Normal, Yakni Berada Di Bawah 120/80 mmHg.

Jika setelah dilakukan secara berkala pemeriksaan oleh dokter menunjukkan angka tersebut, maka Anda tak perlu was-was. Artinya Anda bukanlah termasuk kategori orang yang rentan terkena penyakit darah tinggi.

Anda juga tak perlu khawatir saat mengkonsumsi makanan yang sedikit berlemak atau asin. Yang penting jagalah jangan sampai makanan jenis tersebut terus-menerus Anda konsumsi tanpa batasan. Anda harus tetap waspada dan mengontrol pola makan dan apa yang Anda makan.

B. Tekanan Darah Meningkat: Yakni Berkisar Antara 120-129 Untuk Tekanan Sistolik Dan <80 mmHg Untuk Tekanan Diastolik.

Tekanan darah sistolik adalah tekanan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan tekanan darah diastolik adalah tekanan saat otot jantung relaksasi, sebelum kembali memompa darah.

Dalam pencatatannya, tekanan darah sistolik ditulis lebih dahulu dari tekanan darah diastolik, dan memiliki angka yang lebih tinggi.

Jika tekanan darah Anda termasuk dalam kategori, maka Anda wajib mulai berhati-hati dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Dengan cara makan teratur dengan gizi seimbang (perbanyak buah dan sayuran), istirahat yang cukup, dan sering melakukan olahraga.

C. Hipertensi tingkat 1: 130/80 mmHg hingga 139/89 mmHg.

Meskipun baru dikategorikan Hipertensi tingkat 1, Anda harus mengikuti proses penyembuhan yang disarankan oleh dokter. Agar penyakit ini tidak memicu penyakit jenis lainnya. Pada kategori ini beberapa gejala hipertensi sudah sering terlihat. Diantaranya adalah:

1. Kepala Sering Pusing

Gejala yang paling umum terjadi adalah seringnya Anda mengalami sakit kepala. Meskipun usia masih muda, tekanan hidup atau stres bisa memicu sakit kepala yang berlebihan. Sakit kepala bisa saja kerap dianggap sebagai efek dari stres yang Anda alami.

Sebagian dari kita menganggap bahwa ini adalah efek dari kelelahan. Namun, sakit kepala yang terlalu sering muncul tersebut menandakan ada hal yang tidak wajar pada tubuh Anda. Perhatikan lagi pola makan Anda. Makanan yang Anda konsumsi harus benar-benar sehat dan aman bagi tubuh.

2. Sering Merasakan Sakit di Bagian Tengkuk

Tengkuk adalah bagian belakang kepala. Sakit di bagian ini sering menjadi salah satu bagian dari gejala hipertensi. Gejala yang satu ini terasa meskipun tekanan darah tinggi belum sangat parah.

Apabila anda sering menjumpai sakit pada bagian tengkuk tanpa alasan yang jelas, segera periksakan diri Anda untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Sering Merasa Kelelahan

Kelelahan bisa menjadi salah satu tanda tekanan darah Anda sudah tinggi. Pada kondisi kelelahan sendiri, otot–otot akan mengalami ketegangan. Pembuluh darah yang ada di dalam otot–otot tersebut pun akan mengalami penekanan sehingga tekanan darah akan menjadi tinggi.

Dari sini bisa kita lihat bahwa kelelahan adalah salah satu ciri gejala darah tinggi. Sebagai tambahan, kelelahan otot biasanya ditimbulkan karena adanya timbunan asam laktat hasil dari proses oksidasi anaerob di dalam otot itu sendiri.

D. Hipertensi Tingkat 2: 140/90 Atau Lebih Tinggi.

Apakah Anda sering mengalami mual dan muntah?. Mual–mual dan muntah adalah gejala yang umum terjadi di berbagai macam masalah kesehatan. Jika anda mengalami mual-mual dan , segera periksakan tekanan darah Anda. Keadaan seperti ini akan terbukti sebagai gejala darah tinggi saat tekanan darah Anda berada pada angka 180/110 atau lebih.

Kemudian bagi Anda yang sering merasakan sesak napas, Anda juga patut waspada. Ketegangan otot di sekitar organ pernapasan bisa menjadi tanda besar bahwa Anda sedang menderita hipertensi. Gejala ini biasanya berbarengan dengan gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan di atas.

Kadang penderita hipertensi ada juga yang mengalami gejala seperti pandangan mata yang kabur. Obyek yang anda lihat tiba-tiba sering menjadi kabur atau berbayang dan bergoyang. Padahal anda tahu bahwa sebelumnya Anda tidak memiliki masalah dengan penglihatan Anda.

Dan ada juga yang mengalami gangguan susah tidur hingga harus tidur jika malam sudah sangat larut. Otot-otot yang sering tegang menyebabkan tubuh sulit untuk menjadi rileks dan siap untuk tidur.

Intinya kita mesti selalu waspada setiap saat. Bahwa gejala yang sudah disampaikan diatas hanyalah sebagai dugaan sementara. Adapun hasil terbaik tetap harus merujuk pada pemeriksaan kesehatan di rumah sakit atau klinik terdekat.

Sebaiknya jangan menunggu sampai gejala-gejala tersebut Anda alami. Pemeriksaan kesehatan rutin (medical checkup) adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat dan salam sehat sepanjang hari.

Sumber Gambar dan Artikel:
1. www.vemale.com
2. halosehat.com
3. alodokter.com
4. dokterdarah.com

1 tanggapan pada “Gejala Darah Tinggi Yang Perlu Kita Cermati”

Tinggalkan Balasan