Mari Menanam Pohon Hijaukan Bumi Jakarta

Mari menanam pohon hijaukan bumi Jakarta

Mari Menanam Pohon Hijaukan Bumi Jakarta

Mari Menanam Pohon Hijaukan Bumi Jakarta. Ini merupakan nasehat yang sangat bijak dan patut kita apresiasi bersama.

Jakarta sebagai kota metropolitan sekaligus berperan sebagai ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki peran yang krusial dan berat.

Hal ini karena kesibukan dan kepadatan penduduk Jakarta menyebabkan berkurangnya lahan untuk penghijauan. Sehingga jika diibaratkan makhluk hidup, Jakarta pasti akan berkeluh kesah.

Jakarta pun akan berkata : “Yang kubutuhkan adalah pepohonan, bukan kendaraan-kendaraaan !!!”.

Jika Jakarta adalah manusia mungkin akan terdengar teriakan seperti itu di telinga kita. Bagaimana tidak, Jakarta sekarang sudah menjadi kota incaran para kaum urban termasuk saya.

Bagi orang yang pernah dilahirkan atau tinggal di Jakarta, tentu pernah menikmati masa kecil di Jakarta. Dan yang terlihat adalah Jakarta yang semakin hari semakin padat. Jadi sebenarnya minat warga negara Indonesia untuk tinggal dan mencari nafkah di Jakarta sangatlah tinggi.

Pembaca yang budiman, udara Jakarta saat ini sebenarnya sudah tidak layak untuk dihirup manusia yang tinggal di kota yang super sibuk ini.

Kurang Tersedianya Ruang Terbuka Hijau (RTH) Di Jakarta

Salah satu permasalahan pokok kota Jakarta adalah kurang tersedianya Ruang Terbuka Hijau (RTH). Yang berfungsi sebagai paru-paru kota Jakarta.

Menurut Undang-Undang lingkungan hidup menyatakan bahwa RTH yang harus tersedia minimal 30% dari luas lahan suatu wilayah.

Bagaimana dengan Jakarta? Ya kalau udara Jakarta masih terasa sangat panas di banyak sudut kota. Berarti pohon yang ada di kota Jakarta jumlahnya masih kurang memadai.

Padahal udara yang bersih jelas sangat menunjang kesehatan tubuh manusia. Pohon merupakan sumber oksigen yang sangat besar untuk menyehatkan paru-paru kita.

Nah, yang terjadi justru malah kebalikannya, di kota Jakarta pohon malah digusur digantikan bangunan mall, supermarket, pusat hiburan dan apartemen.

Akibatnya yang merasakan dampak buruk akibat minimnya jumlah pohon adalah penduduk DKI Jakarta sendiri. Siapa suruh menggusur pohon….?

Kita berharap pemerintah provinsi DKI Jakarta cepat bertindak untuk mengatasi polusi udara di kota ini yang sudah cukup parah. Jika dibiarkan maka masyarakat kota Jakarta selain merasa kepanasan juga merasa cepat lelah dan stress karena kebutuhan oksigen tak tercukupi. Mari Menanam Pohon Hijaukan Bumi Jakarta!


Sumber Gambar: www.aktual.com

1 tanggapan pada “Mari Menanam Pohon Hijaukan Bumi Jakarta”

  1. Pingback: Car Free Day Harapan Indah Tinggal Kenangan | Mas Donda

Tinggalkan Balasan