Olahraga Ibu Hamil – Tetap Sehat Meski Sedang Mengandung

Olahraga Ibu Hamil Agar Tetap Bugar

Olahraga Ibu Hamil – Tetap Sehat Meski Sedang Mengandung

Olahraga ibu hamil adalah aktifitas yang sering dipertanyakan oleh kaum hawa yang sedang mengandung. Dengan harapan kesehatan sang Ibu tetap terjaga meskipun usia kehamilan semakin menua.

Ibu hamil memang dianjurkan untuk melakukan olahraga dengan syarat mengikuti saran dan anjuran dokter spesialis kandungan yang bersangkutan.

Apabila kondisi ibu hamil itu normal dan tidak ada penyakit yang membahayakan, maka ia boleh melakukan olahraga untuk ibu hamil untuk membantu kelancaran poses persalinan nanti.

Jadi bukan berarti bahwa saat sedang hamil, seorang ibu tidak boleh melakukan aktifitas apapun. Sebuah kekhawatiran yang wajib kita buang jauh-jauh. Karena proses persalinan tentu mensyaratkan kesiapan dan kekuatan otot-otot tertentu.

Artinya, dengan melatih dengan cara melakukan olahraga ringan itu bagus. Sang ibu akan memiliki kelenturan dan kekuatan untuk menjalani proses persalinan.

Beberapa Jenis Olahraga Ibu Hamil Yang Disarankan

Untuk para ibu yang sedang mengandung, berikut ini ada beberapa jenis olahraga yang boleh dan dianjurkan untuk dilakukan:

  1. Jalan Santai Sambil Menikmati Pemandangan Alam Sekitar. Salah satu olahraga untuk ibu hamil adalah jalan santai. Lakukan kegiatan jalan santai ini dengan rutin 15 menit setiap harinya. Sebaiknya lakukan jika kehamilan sudah memasuki usia 7 bulan. Jalan santai juga mempunyai manfaat bagi kekuatan janin serta mengurangi kaki bengkak menjelang persalinan. Ibu hamil juga dapat menikmati pemandangan alam sekitar agar pikiran menjadi lebih rileks dan bersemangat.
  2. Yoga Bersama Kelompok Ibu Hamil. Olahraga yoga sudah terkenal sangat baik untuk mengatur pernapasan dan merilekskan otot-otot tubuh ibu hamil. Manfaatnya tentu sangat banyak dirasakan oleh ibu hamil. Lakukan dengan gerakan yang sederhana dan dalam durasi yang tidak terlalu lama. Lakukanlah olahraga yoga ini bersama kelompok atau grup ibu hamil. Tujuannya agar Anda selalu mendapatkan informasi terkini tentang kehamilan. Akan lebih baik jika aktifitas ini selalu dikontrol perkembangannya oleh dokter.
  3. Senam Ringan Sambil Mendengarkan Musik Kesayangan. Gerakan-gerakan dalam senam akan melatih kelenturan otot calon ibu. Pernapasan juga akan semakin membaik dan kebugaran tubuh tetap terjaga. Yang perlu diingat adalah hindari gerakan-gerakan yang dapat membahayakan kandungan Anda. Berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.
  4. Bersepeda Santai. Bersepeda juga salah satu olahraga yang boleh dilakukan oleh ibu hamil. Pilihlah jalur atau jalan yang mendatar alias tidak menanjak dan menurun. Lakukanlah dengan rileks dan santai selama 15 menit sejumlah 2 kali dalam seminggu.
  5. Berenang. Renang juga merupakan olahraga yang diperbolehkan untuk ibu hamil. Namun Anda tetap harus ekstra hati-hati untuk memastikan kolam renang aman untuk ibu hamil. Biasanya kolam renang untuk anak-anak usia sekolah dasar cocok dan aman untuk ibu hamil. Berenang disinyalir dapat mengurangi resiko yang tidak diharapkan saat melahirkan.
  6. Olahraga Lainnya.

Ibu hamil tentu mengharapkan agar kondisi tubuhnya selalu sehat dan bugar. Sehingga proses persalinan bisa berjalan lancar. Bayi sehat dan ibu pun bahagia. Semoga bermanfaat dan salam sehat sepanjang hari.


Sumber gambar dan artikel : www.halodoc.comwww.idntimes.comwww.liputan6.com

2 tanggapan pada “Olahraga Ibu Hamil – Tetap Sehat Meski Sedang Mengandung”

  1. Pingback: Penyakit Diabetes Dan 7 Gejala Yang Umum Terjadi | Mas Donda

  2. Pingback: Kemenangan Timnas Indonesia Di Ajang Piala AFF U16 2018 | Mas Donda

Tinggalkan Balasan